1/13/2022

Cara Menghentikan dan Menghapus Spam "Mau tahu siapa yang kepoin Facebook kamu?" di facebook

Spam di Facebook via balagia.blogspot.com
Pernah baca atau nemu kalimat kayak gitu nggak di facebook? Kalau pernah, burmula dari ini lah kepedihan dan rasa malu itu muncul hehe. Rasa penasaran dan rasa ingin coba-coba yang bertumpuk dihati, akhirnya saya buka situs siapakepodotcom itu. dengan sekejab, maka terbukalah halaman awal dari situs itu.

balagia.blogspot.com
Halaman awal dari situs siapakepodotcom

Nah, setelah ngikutin semua petunjuk, semua instruksi yang rada-rada aneh akhirnya sampai di proses terakhir. Sambil harap-harap cemas saya begitu penasan siapa yang sering kepoin facebook pribadi saya, menunggu hampir 15 menit, belum juga menemukan hasil, padahal status instalasi telah selesai ditandai dengan kata Success di bar nafigasi. Karna merasa begitu lama saya menunggu, saya buka facebook saya. Namun apa daya, saya juga tidak menemukan apa-apa, sampai ada salah seorang mengirim pesan di facebook dengan nada protess. hehe

balagia.blogspot.com
mbaknya protes via pesan facebook

Pertama saya tidak begitu peduli dangan komentar protess dari mba yang tadi. Namun ketika melihat semua notifikasi, saya kaget. Begitu banyak Spam yang tertanam di postingan, dan timeline teman facebook saya tanpa pandang bulu. Astagfirullah.

balagia.blogspot.com

Jika saya merasa tidak begitu peduli, ini mungkin tidak menjadi masalah yang besar. Bukan hanya mengganggu pengguna yang lain, menurut saya ini juga termasuk pencemaran nama baik. Asiiik.
Berangkat dari jiwa yang merasa bertanggung jawab. *senyum. Saya mulai menghapus Spam yang tidak sengaja saya buat. Berikut langkah langkah yang saya ambil
  • Menghapus robot yang mendapat akses bebas di facebook kita
Hal yang pertama yang saya lakukan adalah menghapus si robot yang membuat Spam disana sini tanpa pandang bulu itu, yaitu dengan cara masuk ke pengaturan facebook, kemudian klik setting pada menu. Klik Apps pada menu bar sebelah kiri, hapus akses aplikasi yang mencurigakan. Dalam kasus ini, nama aplikasinya HTC. Hapus saja biar nggak ada spam lagi disana sini, percuma jika kita menghapus semua komentar aneh tadi tanpa menghapus sumber pembuat komentar-komentar aneh ini. Oke Lanjut!

balagia.blogspot.com

balagia.blogspot.com

Ingat yang di hapus itu aplikasi yang harus benar benar sumber masalah spam itu sendiri, dalam hal ini robot spam itu bernama HTC. Yang mungkin tujuannya agar tidak dicurigai pengguna facebook. Oke setelah menghapus aplikasinya, sekarang ke langkah berikut.
  • Menghapus spam secara manual di Activity Log
Pekerjaan ini yang sedikit melelahkan, yaaa setipal-lah dengan apa yang telah kita perbuat haha, disini kita menghapus Activity log spam, karna akan begitu repot jika kita menghapus spam itu dengan membuka tab-tab baru di broser. Masuk ke Setting kemudian klik Activity Log pada menu. Hapus spam itu satu persatu. Perhatikan gambar yaa

balagia.blogspot.com

balagia.blogspot.com

Klik gambar pencil yang telah saya tandai, kemudian klik delete dari menu kecil yang muncul, lakukan hal serupa pada log-log berikutnya sampai semua log spam terhapus. 

balagia.blogspot.com

Oke, semoga apa yang yang saya tulis bermanfaat, dan semoga kita tidak mudah percaya dengan hal-hal yang berbau aneh seperti ngepoin orang yang liat facebook kita, cukuplah jadi pelajaran bagi kita yang terlanjur terjebak dan bagi mereka yang belum merakasan lelahnya menghapus spam spam itu. hehe. 

Mudah-mudah mba yang mengirimi saya pesan di atas, bisa memaafkan spam yang tanpa sengaja menhujani postingannya, jujur ini berasal dari ketidaktahuan saya. hehe. Hal ini saya sampaikan karna pas mau minta maaf dari pesan facebook udah terlanjur di blokir sama mbanya jadi nggak bisa girim pesan lagi.

Semoga bermanfaat!


No comments:

Post a Comment