2/14/2023

Fakta Menarik Tentang Hewan Hewan Pilihan, oleh Yulius Haflan pada 2008 Ebook Kumpulan Fakta Unik Hewan

Binatang atau hewan mungkin tidak bisa lepas dari kehidupan kita, dari sekian banyak hewan yang kita ketahui ada beberapa jenis hewan yang memiliki jenis dan kemampuan yang tidak biasa, selain tingkah laku mereka yang kadang aneh. Nah, ini beberapa jenis hewan yang mempunyai fakta unik untuk diketahui :

1. The peregrine falcon

https://balagia.blogspot.co.id/
falconnya terbang ya via falconer Purwokerto
Jika kita berbicara tentang hewan tercepat di muka bumi, maka seringkali kita mengaitkannya dengan Cheetah, spesies kucing besar yang hidup didaratan Afrika. Diduga kecepatan kucing ini berkisar di angka 70 mph atau berkisar 114km/jam. Namun tahukah bahwa fakta hewan tercepat sebenarnya di pegang oleh seekor burung yang bernama Alap-alap kawah atau Peregrine falcon (Falco peregrinus) dengan kecepatan yang pernah tercatat adalah 390km/jam atau berkisar 242.3 mph! Bandingkan dengan kecepatan yang pernah dipecahkan oleh mobil balap F1 yang hanya berkisar di angka 320km/jam atau sekitar 229 mph. Hewan yang memiliki populasi terbesar diseluruh benua kecuali Antartika ini mulai terancam punah akibat rusaknya habitat tempat mereka tinggal oleh aktivitas manusia.

2. Sailfish
https://balagia.blogspot.co.id/
sailfish dari pinterest.com
Pernah dengar ikan layar? atau dengan bahasa kerennya Sailfish. Ikan yang menjadi favorit para pemancing profesional ini, ternyata masih menjadi misteri bagi para ahli bidang biologi kelautan. Hal ini disebabkan karena pergerakan ikan yang enak dagingnya itu sangat cepat dan tingkat migrasinya sangat tinggi (perpindahan). Selain itu, ikan yang memiliki nama latin Istiophorus Albicans (untuk yang berada di Samudera Pasifik) dan Istiophorus Platypterus ( untuk yang berada di Samudera Atlantik) ini tersebar ratusan mil dari pantai. Sehingga masih sangat sulit bagi para ahli untuk memastikan lokasi pasti mereka. Walaupun telah dilakukan proses tagging (penomeran) dan pengumpulan data. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa ikan ini benar-benar "cepat". Percaya tidak, 36 jam setelah bertelur, telur telur tersebut akan langsung menetas! Tidak hanya Itu, mereka juga memiliki proses pertumbuhan yang cepat, rata-rata Sailfish bisa tumbuh 6 kaki pertahun.

3. Rhinoceros  beetle
https://balagia.blogspot.co.id/
gambarnya dari walldevil.com
Bicara hewan terkuat didunia, secara kasat mata kita akan langsung menjawab dan beranggapan Gajah adalah hewan terkuat, padahal tidak demikian. Namun, tahukah jika gajah Afrika hanya mampu mengangkat beban dengan proposi 25% dari total berat badannya? Coba kita bandingkan dengan seekor Kumbang Badak (the rhinoceros beetle) mampu membawa beban sebanyak 850 kali dari total berat badannya! Dengan kata lain, secara proporsi berat badan, gajah masih kalah dengan manusia yang mampu mengangkat beban hingga 10 kali berat badannya, bahkan lebih.

4. Ostrich
burung untanya lari dari kids.nationalgeographic.com
Ostrich atau Burung Unta bukan sembarang burung. Tinggi badannya bisa mencapai 2,5 meter, dengan berat 180kg. Selain besar, Burung Untu juga memiliki daya tahan tubuh yang luar biasa.  Burung ini bisa bertahan hidup pada suhu diatas 40 derajat celcius hingga 0 derajat celsius. Umurnya juga terbilang panjang, bisa mencapai umur sampai dengan 50 tahun. Walau begitu, sekalipun Burung unta sedemikian besar, pengeluaran untuk biaya makan bagi mereka yang memelihara Burung unta hanya berkisar US$ 75 per tahun. Kesulitan umum satu-satunya yang dihadapi ketika memelihara Burung unta adalah masalaha kandang. Diperlukan lahan yang luas, dan berpagar. Masalahnya, jika seekor Burung unta lari keluar dari pagar. Kita perlu sebuah mobil untuk mengejar dan menangkapnya, karena Burung unta dapat berlari dengan kecepatan hingga 50km per jam.

5. Balaenoptera musculus
Balaenoptera musculus via sharkresearch.rsmas.miami.edu 
Pernah dengar Paus biru atau Balaenoptera musculus? Atau hewan terbesar dimuka bumi. Menurut ilmuan, selain besar, hewan ini juga memiliki suara paling keras. Suara ikan Paus biru lebih keras daripada suara motor Harley Davidson. Bahkan lebih keras dari konser rock yang paling keras. Seberapa keraskah suara Paus biru? Suara ikan Paus biru adalah 188 desibel, angka ini melebihi suara mesin jet yang berkisar di angka 120-130 desibel. Perlu di ingat bahwa tingkat kekerasan suara bertambah secara logaritmis, Ini berarti setiap kali kenaikan 10 desibel, berarti peningkatan intensitas suara hingga 10 kali. Huh? ini adalah salah satu alasan bagi kita untuk bersyukur ikan paus hanya tinggal dalam laut.

6. Stout infantfish
balagia.blogspot.co.id
Stout infantfish via infomenarik.com
Kita semua mungkin tahu vertebrata adalah jenis hewan bertulang belakang. Namun, tahukah jenis hewan vertebrata terkecil di dunia? Sejenis ikan kerdil yang disebut Stout infantfish ditetapkan sebagai hewan bertulang belakang paling mungil dan ringan sedunia. Ikan yang hidup disekitar perairan Great Barrier Reef, Australia ini, panjangnya hanya 7 milimeter. Sebenarnya ikan dari Australia itu memiliki saingan, yaitu sejenis ikan yang memiliki nama latin paedocypris progenetika yang ditemukan di rawa-rawa gambut di pulau Sumatra. Hewan itu memiliki panjang sekitar 7,9 milimeter.

Baca juga : Fakta menarik tentang tumbuhan!

Dibagikan ulang oleh Yulius Haflan pada 2008, melalui ebook bagian Kumpulan Fakta Unik Hewan. Semoga bermanfaat ya

No comments:

Post a Comment