3/15/2022

Fakta menarik tentang tumbuhan pilihan, oleh Yulius Haflan pada 2008 ebook Kumpulan Fakta Unik Tumbuhan

Tumbuhan, menurut Wikipedia Ensiklopedia Bebas Bahasa Indonesia, dijelaskan bahwa dalam biologi tumbuhan adalah organisme eukariota multiseluler yang tergolong dalam kerajaan plantae. Didalamnya terdiri beberapa klad yakni, tanaman berbunga, Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka), lycopodiopsida, paku-pakuan, lumut, hingga sejumjah alga hijau.

Dari sekian banyak istilah dan pembagian kelompok dari tumbuhan, sedikit dari kita yang mengetahui fakta unik yang ada pada tumbuhan. Kita tidak akan pusing-pusing membahas istilah istilah yang ada pada tumbuhan, kali ini kita akan membahas fakta unik menarik tentang tumbuhan pilihan, berikut fakta menariknya :

1. Rafflesia arnolidii


balagia.blogspot.com
gambarnya dari : www.floristtaxonomy.com

Tahukah tumbuhan terbesar di dunia? jika diantara kita ada yang menjawab bunga Bangkai atau Rafflesia arnolidii, maka jawabannya benar. Tanaman ini dapat tumbuh dengan lebar hingga se-meter dan berat bisa mencapai 11kg. Tanamam ini hanya muncul di hutan Sumatera dan Kalimantan. Dulu Amorphophallus titanium atau dikenal dengan nama Titan Arum yang mampu tumbuh setinggi 3 meter dan mencapai berat 80kg atau sekitar 170 pound, pernah ditemukan dipedalaman Sumatera. Besar banget yak!

2. Wolffia

wolffia nempel di jari via wikimedia.org

Jika Rafflesia tumbuhan terbesar di dunia, mari kita kenalan dengan pemegang rekor bunga terkecil didunia yang jatuh pada tumbuhan jenis genus Wolffia. Sejenis tanaman tanpa akar yang sangat kecil dalam keluarga duckweed  (lemnaceae) yang hidup didalam kolam yang berair tenang. Tumbuhan ini juga di anggap sebagai tumbuhan dengan ukuran terkecil di dunia. Terdapat dua spesies pada genus wolffia, yaitu wolffia augusta, spesies australia, dan Wolffia globosa, spesies tropis. Rata-rata jenis tanaman ini hanya memiliki ukuran tidak lebih dari 1 mm, dengan berat average hanya 150 mikrogram.


3. Coco-de-mar palm

balagia.blogspot.com
coco de mar palm via wikimedia.org

Hampir semua tumbuhan berasal dari benih (seed). Tahukah bahwa benih  yang memiliki ukuran paling besar dan berat di dunia? Coco de mar palm (lodoicea maldivica) yang berasal dari kepulauan Seychelles di Samudra hindia. Panjangnya bisa mencapai 12inci dengan berat bisa mencapai 40 pound. Sedangkan benih yang memiliki ukuran paling kecil di dunia adalah berasal dari keluarga anggrek (orchidaceae). Satu benih beratnya hanya mencapai 1/35.000.000 ounce.

4. Hyperion

balagia.blogspot.com
Hyperion via www.randomlynew.com
Dulu sebenarnya, pohon dengan rekor paling tinggi di dunia jatuh pada pohon di taman Nasional Redwood yang dinamai Stratosphere giant. tingginya mencapai 113 meter. Namun di duga rekor itu telah dipatahkan oleh penemuan tiga pohon di Taman Nasional yang sama. Diduga, pohon yang dinamakan Hyperion itu mencapai 115,2 meter. Sampai saat ini masih menunggu konfirmasi untuk penetapan Hyperion menjadi pohon tertinggi didunia.

5. Jamur madu

balagia.blogspot.com
jamur madu via www.woollygreen.com

Mau tahu organisme paling besar didunia? Gajah? Bukan. Paus Biru? Juga bukan. Jawabannya adalah sejenis jamur (fungus) yang bernama armillaria ostoyae  atau jamur madu yang hidup di Hutan Nasional Malheur di daerah timur Oregon, USA. Jamur itu hidup kira-kira 3 kaki dibawah di bawah permukaan tanah dan memiliki luas sekitar 890 hektar dan berusia sedikitnya 2400 tahun, bahkan lebih! Percaya atau tidak, organisme yang hidup dibawah tanah itu ternyata bukan gerombolan jamur, tapi hanya satu jamur saja.


6. Ginkgo biloba

balagia.blogspot.com
ginkgo biloba via google.com

Mau tahu jenis tanaman apa yang sejak zaman dinosaurus hingga sekarang masih tetap ada? Jawabannya adalah pohon maidenhair atau dengan nama spesies Ginkgo atau Ginkgo biloba. Jenis tanaman itu telas ada pada periode Jurassic dan periode Triassic (135-210 juta tahun yang lalu)

Baca juga : Fakta hewan yang menarik untuk dibaca!

Dibagikan ulang oleh Yulius Haflan pada 2008, melalui ebook bagian Kumpulan Fakta Unik Tumbuhan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment