3/04/2023

Pentingnya Membaca, Bukan Sekedar Hobi

gambarnya dari pablo.buffer.com
Banyak yang beranggapan bahwa membaca adalah sebuah hobi, padahal tidak demikian. membaca adalah sebuah konsep hidup, kebutuhan manusia, sama seperti halnya manusia yang butuh makan dan minum. Kan lucu jika ada yang bilang, "hobi saya makan" atau "hobi saya minum". Makan dan minum bukan merupakan sebuah hobi, makan dan minum adalah sebuah kebutuhan primer, dan begitu juga dengan membaca, membaca adalah sebuah kebutuhan primer yang mesti dilakukan setiap harinya, guna memenuhi nutrisi otak dangan hal hal yang baru. Melatih otak agar berfungsi sebagaiman mestinya.

Pernah dengar "bacalah, sebuah perintah dari langit"?. Bagi yang muslim pasti sudah tahu jika Ayat Alquran yang pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam adalah membaca. Bahkan karena pentingnya membaca pada masa itu, dijadikan syarat bebas kepada tawanan perang kaum muslimin, untuk mengajarkan muslim agar bisa membaca. Perintah membaca ini tergambar pada kalimat pertama pada surat yang pertama kali turun. Namun kebanyakan dari kita masih meragukan pentingnya kegiatan membaca, bahkan dengan mengatakan kegiatan membaca adalah sebuah hobi, yang dilakukan hanya berdasarkan rasa kesukaan saja.


gambarnya dari pablo.buffer.com
Jadi berhenti bilang kalau membaca itu sebagai sebuah hobi! dalam hal lain, membaca bisa dijadikan sebagai sebuah cara bagaimana mengetahui diri, mengetahui alam semesta, mengetahui penciptaan manusia, mengetahui karakter manusia, mengetahui proses hujan, mengetahui proses siang malam,dan banyak lagi.

Dari sekian banyak manfaat yang bisa kita dapat melalui kegiatan membaca, ternyata membaca juga baik buat fungsi otak kita, kita coba bahas beberapa saja yaa, diantaranya :

Menjaga keremajaan otak

Orang yang biasa menghabiskan waktu luang terjadwal untuk membaca memiliki kemungkinan 32% lebih lambat mengalami penurunan kognitif dikemudian hari, itu artinya orang yang tidak biasa membaca mempunyai resiko lebih cepat pikun. hehe!

Memberikan kekuatan bagi memori otak

Kebiasaan membaca buku, dapat memacu otak berpikir dan berkonsentrasi berbeda halnya dengan menonton televisi atau mendengarkan radio, membaca juga melatih kekuatan otak dalam mengingat kata kata yang terbaca, kalimat kalimat yang terbaca, tanpa disadari sebenarnya kita sedang melatih otak, yang pada akhirnya meningkatnkan kekuatan memori otak kita sendiri.

Meningkatkan Kekuatan analisa otak

Ketika kita sedang membaca sebuah buku, terutama ketika sedang membaca buku bertemakan kisah hidup, secara sadar atau tidak kita biasanya sudah bisa menebak nebak alur cerita, atau bahkan mengetahui cerita ini akan berakhir seperti apa. Tidak hanya bisa itu, dalam kegiatan membaca kita kadang bisa berfikir dan menilai masuk akal atau tidaknya flot atau cerita yang sedang kita baca.

Baca Juga : Selingkuh di Kantor

Memberikan otak kosa kata baru

Orang yang gemar membaca biasanya memiliki bahasa yang baik ketika berbicara, karna setiap kali membaca mereka akan banyak menemui kosa kata yang baru dan luas artinya, apalagi jika bacaannya banyak dan beda-beda jenisnya.

Meningkatkan fokus dan konsentrasi otak

Membaca juga bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi otak, disaat membaca semua perhatian dan konsentrasi akan terpusat pada apa yang kita baca, karna setiap kali membaca kita berusaha untuk memahami detail cerita yang sedang kita baca. Dan jika terus dilakukan tanpa disadari tingkat konsentrasi dan fokus otak kita akan jauh lebih baik.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment