3/21/2023

Kreatif dalam Bersedekah

Mungkin kita semua sudah mengetahui berjuta keutamaan dari amal sedekah, jadi kali ini kita tidak akan bahas keutamaan sedekah, kita akan membagikan tips-tips kreatif bersedekah. Tulisan ini bersumber dari tulisan seseorang di halaman post pribadinya, mudah-mudahan bisa bermanfaat.
senantiasa sediakan uang kecil didalam dompet untuk diberikan kepada yang memerlukan
1. Siapkan nasi bungkus dari rumah, ketika hendak bepergian. Dan berikan kepada yang kira kira membutuhkan, pengemis, orang gila, pengamen, anak yang terlantar. Ngga usah banyak juga nggak masalah. Misalnya 1 bungkus setiap kali bepergian.

2. Laundry atau cucikan mukena yang ada di musholla yang ada di sekitar lingkungan kita secara berkala. Atau bawa mukena ketika hendak bepergian, kemudian tinggalkan di mesjid atau musholla yang kita singgahi.

sediakanlah sedikit dari hasil gaji untuk disumbangkan kepada anak yatim atau orang miskin
3. Beli beberapa pasang sandal. Taruh di kantor, musholla dan mesjid untuk digunakan ketika berwudhu. Nggak baru juga nggak masalah, asalkan masih bisa dan layak digunakan.

4. Kumpulkan botol minuman plastik, atau botol shampoo. Rusak dulu, patahkan tutup botolnya. Agar tidak disalahgunakan. Setelah banyak berikan kepada pemulung.

jika mebeli barang dari pedagang kecil, biarkan saja uang kembaliannya dan niatkan untuk tujuan bersedekah
5. Beli barang diskonan di supermarket agak banyak. Misal, detergent, minyak goreng, sabun, buku tulis, pulpen. Kemudian bungkus cantik, hadiahkan ke panti asuhan atau rumah singgah.

6. Anak ultah? Bikin goodie bags. Kasih ke panti asuhan bareng anak. Ini melatih sikap empati anak kepada sesama. 

berikanlah perasaan gembira kepada setiap orang terutama mereka yang sedang di timpa kesusahan
7. Beli kamper/pengharum pakaian. Taruh di kumpulan mukena di masjid atau musholla yang kita singgahi.

8. Jangan nawar sama pedagang kecil. Kalau bisa kasih lebih.

lemparkan senyuman kepada mereka yang kita jumpai
9. Beli tissue atau keperluan yang remeh di pedagang kecil yang kita jumpai. Beli tissue, ikat rambut, udah bikin mereka senang. 

jika menghadiri sebuah majelis, siapkan 2 botol air mineral dan sedekah untuk orang yang hadir
10. Bungkus perlengkapan sholat (mukena, sarung, sajadah, kopiah, Al-Quran) jadikan parcel ketika lebaran. Berikan ke satpam komplek, atau tukang kebersihan komplek. Insyaallah pahalanya terus-terusan.

11. Selalu siap jika dimintai tolong tenaga, jika sedekah materi belum bisa kita lakukan.

letakan sedikit makanan kucing dan semangkuk air simpan diluar rumah untuk kucing kucing yang datang
12. Bayar lebih ketika naik angkot yang supirnya kakek-kakek atau bapak tua. Atau kasih tips lebih untuk abang abang ojek kalo kira kira jaraknya jauh dan juga kondisi mereka kira-kira memprihatinkan (tua misalnya)

13. Rutin mensortir mainan anak, buy one get one ketika beli maenan baru harus ada satu mainan yang disedekahkan. Ajari anak anak kita ketika memberi mainan tersebut ke temannya atau panti asuhan. 

letakan sebuah kotak didalam bilik, masukan wang kecil ketika melakukan dosa. genap 1 bulan sedekahkan
14 Catat point penting ketika ikut kajian atau seminar yang bermanfaat untuk banyak orang. Lalu ketik dan sebarkan ke media sosial.

belilah Al-Quran dan simapn di masjid
15. Ketika di bis atau angkot, Bayarin nenek/kakek yang keliatan kurang mampu atau suami istri yang buta.

17. Tawarkan ke teman kita yang searah. Jika kita bawa kendaraan. Ingat! ini untuk yang sesama muhrimnya ya. 

18. Beberapa hal kebaikan bisa di lakukan dengan anak anak kita. Biarkan anak-anak kita biarkan anak anak kita melihat kebaikan yang orang tuanya lakukan. Karena satu contoh perbuatan akan lebih efektif dari 100 nasehat. Semoga kebaikan kebaikan ini akan selalu ada pada penerusnya hingga akhir zaman amin.

mudah mudahan Allah menerima amal kebaikan kita dan menghapuskan kesalahan kita. amiin
19. Punya ilmu? misalnya bisa gambar, bisa ngajar Alquran, jago matematika, suka sama dunia anak. Sesekali pas weekend dateng deh ke rumah singgah. Buka kelas. Kebayang betapa senangnya anak anak terlantar di ajarin sama kakak-kakak yang mumpuni di bidangnya. 

Sumber : Saad Abdurrozaq

No comments:

Post a Comment