1/13/2022

Pemerintahan Masa Reformasi

Ministry of Defense of the Republic of Indonesia May 1998 Trisakti incident image by google.com

    Di Indonesia Refomasi sudah berjalan lebih dari 18 tahun. Banyak perubahan-perubahan yang telah dilakukan di negeri ini hingga sekarang, mulai dari perbaikan sistem pemerintahan pusat di Indonesia sampai kepada perubahan pada hal terkecil seperti kebiasaan di lingkungan RT/RW. Ini bertujuan satu, yaitu perbaikan keadaan Indonesia. Pada perjalanannya Reformasi sendiri pun, perubahan selalu dilakukan dari pemerintahan seorang kepala negara ke pemerintahan kepala negara berikutnya. Hal ini mungkin di lakukan untuk mencari sistem mana yang cocok untuk di jalankan di Indonesia setelah zaman Orde Baru. Pada perjalanannya Reformasi sampai sekarang masih banyak persoalan yang ternyata belum teratasi sejak Orde Baru, misalnya saja seperti kasus KKN. Berikut beberapa pemerintahan oleh para kepala negara pada zaman Reformasi.

1. B.J. Habibie (1998-1999)

    B.J. Habibie adalah pengganti langsung setelah tumbangnya kekuasaan Orde Baru. B.J. Habibie pada pemerintahan terakhir Orde Baru merupakan seorang wakil presiden. Setelah Orde Baru tumbang maka beliau yang ditunjuk mengampu jabatan sebagai presiden sebelum diadakan pemilu. Habibie adalah satu-satunya presiden di Indonesia yang tidak memiliki wakil presiden. Tugas Habibie sangatlah berat karena beliau mengemban amanah reformasi masa transisi dari pemerintahan Orde Baru. Beliau dilantik menjadi presiden pada tanggal 21 Mei 1998.

2. KH. Abdurrahman Wahid (1999-2001)

  KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) adalah presiden keempat RI menggantikan B.J. Habibie. Beliau terpilih menjadi presiden sejak 29 Oktober 1999 hingga 23 Juli 2001. Pesaing utamanya menjadi presiden, yaitu Megawati Soekarnoputri mendampinginya sebagai wakil presiden. Dalam menjalankan pemerintahan, Presiden Gus Dur membentuk Kabiner Persatuan Nasional karena didalamnya terdapat banyak latar golongan yang berbeda-beda, baik dari berbagai parpol, nonpartisan, maupun dari TNI. Beliau melakukan dua reformasi besar, yaitu menghapuskan Departemen Penerangan karena dianggap sebagai senjata Orde Baru untuk menguasai media dan membubarkan Departemen Sosial yang di anggap korup.

3. Reformasi Masa Pemerintahan Megawati Soekarnoputri (2001-2004)

    Megawati Soekarnoputri dilantik sebagai presiden pada tanggal 31 Juli 2001. Tugas yang dihadapi Megawati dalam menjajakan pemerintah cukup berat karena harus menyelesaikan masalah ekonomi dan menegakan hukum. Hal-hal yang dilakukan saat pemerintahan Megawati.

4. Reformasi Masa Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2009) dan (2009-2014)

    Susilo Bambang Yudhoyono merupakan presiden keenam RI sekaligus presiden pertama RI yang dipilih oleh rakyat Indonesia secara langsung. Beliau bersama Jusuf Kalla dilantik pada tanggal 20 Oktober 2014. Pemberantasan KKN adalah fokus utama dalam pemerintahannya di samping isu terorisme global. Penanggulangan bahaya narkoba, perjudian, dan kasus perdagangan manusia juga menjadi fokus pemerintahannya. Pada pemerintahannya terjadi berbagai peristiwa bencana alam seperti tsunami, gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus, banjir dan sebagainya, padahal pemerintah masih darus dihadapkan pada perbaikan ekonomi. Bagi sebagian besar rakyat, pemerintahnya dianggap sebagai pemerintah penataan birokrasi. Akan tetapi, hal ini tidak berjalan dengan mulus tanpa hambatan karena masih menimbulkan prokontra di tengah masyarakat. Usahanya antara lain dalam pemberantasan KKN, dimana Indonesia masih dikenal sebagai negara yang sangat korup di dunia. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkesan tidak tebang pilih terhadap para pejabat yang terindikasi melakukan tindak pidana korupsi.

No comments:

Post a Comment