2/12/2023

Bekerja Bersama Hati, Kita ini Insan Bukan Se-ekor Sapi

Zona Nyaman, Ost. Filososfi Kopi 2 Ben dan Jody dari Fourtwty Image by : Indonesiashow.biz

Sore hari tepat pada hari kemerdekaan indonesia ke 72, aku enggan berpindah dari tempat dimana aku duduk melamun. Memikirkan hal-hal yang telah aku lewati, hari-hari yang telah aku lalui. Aku sadar apa yang selama ini aku pikirkan hanyalah bagaimana aku harus terus bekerja dan bisa memenuhi isi perutku dengan nasi. Yaa begitu deh, kalo udah mengikuti jejak orang-orang kebanyakan. Hari hari cuma diisi dengan kegiatan yang membosankan, yang ada di kepala hanya bagaimana memikirkan cara agar hari ini tidak lapar.

Mimpi, ah sudahlaah. Mimpi hanya untuk mereka yang beruntung mempunyai kesempatan waktu untuk merealisasikannya. Beda sama kenyataan yang tengah aku alami. Pernah bermimpi? Yaaa aku pernah bermimpi, namun mimpi itu perlahan hilang entah kemana seiring berjalannya waktu. Belum lagi doktrin orang tua “kerja ya dapet duit”. Itu harus dikejar walaupun harus menekan perasaan kalau sebenarnya kita sama sekali nggak nyaman sama pekerjaannya. Pokoknya kerja aja.

Iseng-iseng browsing di internet, liatin youtube. Nemu video sountracknya filosofi kopi 2 Zona Nyaman, yang di bawain sama fourtwnty. Awalnya biasa, namun setelah masuk keliriknya kok berasa sedang diceramahin ya. Seolah si vocal lagi ngomongin dan ngarahin cara hidupku. “jangan kebanyakan ngejar materi kalau sebenarnya yang sekarang aja udah cukup, apalagi merasa tertekan ngejalaninnya, ingat kita itu manusia bukannya sapi yang udah terdoktrin kerja untuk makan”.

Memang kalo di ingat-ingat lagi, dunia kerja yang sedang aku jalani saat ini sangat menyita waktu, dan jarang banget bisa meluangkan waktu untuk teman, dan keluarga. Setiap hari harus selalu menyiapkan tenaga untuk kerja selama delapan jam. Dulu pernah berpikir buat mulai usaha sendiri biar nggak terdikte waktu kerja perusahaan, namun kebentur masalah modal. Jadinya niat untuk usaha aku urungkan. Nah, ini lirik lagu Zona nyaman yang ngenak banget (menurut aku).

Pagi ke pagi, ku terjebak di dalam ambisi
Seperti orang-orang berdasi yang gila materi
Rasa bosan, membukakan jalan mencari peran
Keluarlah dari zona nyaman

Sembilu yang dulu biarlah berlalu
Bekerja bersama hati, kita ini insan bukan seekor sapi
Sembilu yang dulu biarlah membiru
Bekarya bersama hati

Waktu ke waktu
Perlahan kurakit egoku, merangkul orang-orang yang mulai sejiwa denganku
Ke BM an, membukakan jalan mencari teman
Bergeraklah dari zona nyaman

Sembilu yang dulu biarlah berlalu
Bekerja bersama hati, kita ini insan bukan seekor sapi
Sembilu yang dulu, biarlah membiru
Berkarya bersama hati

Diam dan mati milik dia
Yang tak bisa berdiri, berdiri
Diam dan mati milik dia
Yang tak bisa berdiri, berdiri dikakinya sendiri

Sembilu yang dulu biarlah berlalu
Bekerja bersama hati, kita ini insan bukan seekor sapi
Sembilu yang dulu, biarlah membiru
Bekarya bersama hati, kita ini insan bukan seekor sapi
Tanamkan pesanku agar tak keliru
Bekerja bersama hati
Walaupun tidak langsung mengambil keputusan untuk meninggalkan pekerjaan yang sekarang, setidaknya aku sadar akan sebuah perencanaan untuk mewujudkan apa yang sebenarnya menjadi panggilan jiwa. Yaa setidaknya mempersiapkan langkah langkah yang seharusnya aku ambil agar aku lebih bisa menikmati hidup. Tidak selalu harus terdikte dengan apa yang tidak aku senangi.

Baca Juga : Old Man Finger

Buat yang penasaran sama lagunya bisa langsung nyari diyoutube, langsung dengerin sendiri lagunya. Mungkin itu deh, makasih udah mau ngeluangin waktu buat baca tulisan ini.

2 comments:

  1. Asyik banget ini lagu. Jaman saya SMP sering banget di setel, apalagi kalau ada event

    ReplyDelete