1/15/2022

Latar Belakang dan Fakta Unik, Nikola Tesla

Gambar : Nikola Tesla
Nikola Tesla salah seorang ilmuan listrik yang revolusioner yang pernah hidup di abad ke-19 dan pada awal abad ke-20 yaitu pada Juli tahun 1956 sampai dengan Januari 1856. Nikola Tesla adalah seorang penemu dan pengembang system AC (Alternating Current) sebagai sumber arus listrik.

Selain sebagai ilmuan terkemuka dizamannya, Nikola Tesla juga memiliki banyak fakta dan bukti sejarah yang mengambarkan betapa jeniusnya ilmuan yang memiliki julukan ilmuan gila, walaupun dizaman yang sama juga terdapat nama besar seperti Thomas A. Edison sang penemu dan pengembang system DC (Direct Current).

Nikola Tesla juga dikenal sebagai penemu yang penting dan terkemuka dizamannya walaupun banyak singgungan masalah yang kiat menerpa diakhir hidupnya, lepas dari itu semua, Nikola Tesla tetap di anggap sebagai penemu atau perintis yang membawa dampak baik bagi kelangsungan hidup manusia, seperti penemuan komunikasi tanpa kabel yang telah didemonstrasikan pada tahun 1893.

Latar Belakang Hidup Nikola Tesla


Nikola Tesla lahir 10 juli 1856 di Smiljan, pada masa kekaisaran Austria (atau lebih dikenal Kroasia), dan meninggal pada 7 januari 1943 di New York City, Amerika Serikat karena pembekkan pembuluh darah. Milutin Tesla, ayah kandung dari Nikola Tesla adalah seorang pemimpin ortodoks, sendangkan ibundanya Duka tesla (Nee Mandic) adalah ibu rumah tangga yang memiliki bakat sebagai pengrajin alat rumah tangga yang ulet dan kuat, yang di yakini ini jadi cikal bakal bakat yang diwarisi sang anak Nikola Tesla.

Gambar : Animasi Nikola Tesla

Fakta unik kehidupan Nikola Tesla


Selain diketahui sebagai ilmuan yang memiliki bakat yang tidak biasa, Nikola Tesla juga memiliki kisah hidup yang bisa dibilang eksentrik, berikut kisahnya :

1. Nikola Tesla mengaku hanya tidur 2 jam perhari
Mungkin akan terdengar agak gila jika manusia pada umumnya akan tidur 6-8 jam dalam sehari, tapi tidak berlaku untuk ilmuan yang satu ini. Nikola Tesla mengaku dia tidak pernah tidur lebih dari 2 jam dalam sehari, bahkan jika sedang serius dia akan tetap terjaga 2x24 jam. Sulit dipercaya!

2. Nikola Tesla dilahirkan saat terjadi badai petir
Saat itu, pada tanggal 9 dan 10 juli tengah malam tahun 1856 Nikola Tesla dilahirkan dan diiringi dengan badai petir yang besar, bidan yang saat itu mendampingi sang bunda mengatakan itu adalah suatu pertanda yang buruk dan anak ini akan hidup dalam kegelapan, namun ibunda Tesla menjawab "tidak, dia akan jadi anak yang hidup dalam dunia yang terang". Banyak yang beranggapan jika kejadian itu hanya kejadian biasa, namun tak sedikit yang beranggapan jika kejadian itu adalah suatu pertanda yang luar biasa.

03. Nikola Tesla tak pernah menikah selama masa hidupnya meski banyak wanita yang tergila gila
Kisah yang tak kalah unik adalah semasa hidup, Nikola Tesla tak pernah menikah, walau banyak wanita yang tergila gila dengan cintanya, namun dia tetap menahan diri untuk tetap tidak menikah. Nikola Tesla beranggapan bahwa menikah dan hubungan seks bisa membatasi kemampuannya dalam berpikir ilmiah.

03. Nikola Tesla memiliki kemampuan visualisasi tiga dimensi
Hal yang tak kalah menarik adalah kemampuan visualisasi tiga dimensi yang ia miliki, yang kemudian ia gunakan untuk mengendalikan pengalaman buruk masa lalunya untuk tetap fokus, tak hanya itu dia juga memiliki kemampuan fotografi yang juga ia gunakan untuk menghafal buku buku yang telah dia pelajari. Dan tak ia pungkiri kalau itu semua adalah karunia yang telah Tuhan anugerahkan untuknya.

04. Nikola Tesla pernah membuat eksperimen dengan melapisi dinding kelas anak anak dengan arus frekuensi tinggi.
Pada tahun 1912, Nikola Tesla pernah melakukan eksperimen yang tergolong gila dan berbahaya, ia pernah membuat alat yang membantu siswa yang bodoh agar menjadi cerdas dengan bantuan listrik yang bertegangan tinggi, namun yang mengejutkan hal tersebut dapat diterima dan bisa dibuktikan secara ilmiah oleh William H. Maxwell seorang pengawas sekolah New York City.

05. Nikola Tesla juga sudah memprediksi akan adanya internet dimasa depan
Salah satu bukti Nikola Tesla adalah penemu yang revolusioner adalah ucapannya yang menyebutkan "Koran rumah tangga suatu saat nanti akan dicetak secara nirkabel, langsung ke rumah-rumah". Dia sangat yakin akan prediksi itu hingga pada akhirnya ia mengusulkan skema ini kepada JP Morgan. dia membayangkan bagaimana sebuah sistem komukasi bisa disampaikan secara nirkabel untuk menyampaikan surat kabar, telepon, musik keseluruh dunia.

06. Patung Nikola Tesla di Sillicon Valley yang memancarkan Wi-fi
Sebagai tanda penghormatan pada tahun 2003, patung Nikola Tesla didirikan di Sillicon Valley, Patung ini juga dilengkapi dengan pancaran sinyal Wi-Fi gratis yang bisa digunakan oleh siapapun. Tak hanya itu didalam patung tersebut terdapat kapsul waktu yang akan terbuka secara otomatis pada tahun 2043. Patung ini dibangun atas dasar kampanye yang diusung oleh perusahaan Northern Imagination sebagai tanda penghormatan kepada sang penemu yang jenius Nikola Tesla.

No comments:

Post a Comment